Pages

Selasa, 30 November 2010

Ketika Hantu, Vampir & Serigala Jadi-Jadian Berbagi Apartemen

Ketika Hantu, Vampir & Serigala Jadi-Jadian Berbagi Apartemen

Being Human
Apa yang akan terjadi, ketika sebuah apartemen berhantu disewa oleh seorang vampir dan seorang serigala jadi-jadian (werewolf)? Inilah tema sentral dari serial dramedi (drama komedi) TV BBC Three Inggris, Being Human
Apa yang akan terjadi, ketika sebuah apartemen berhantu disewa oleh seorang vampir dan seorang serigala jadi-jadian (werewolf)? Inilah tema sentral dari serial dramedi (drama komedi) TV BBC Three Inggris, Being Human. Sebuah apartemen yang tidak laku karena para penghuni sebelumnya selalu ‘diganggu’ oleh kejadian-kejadian aneh, akhirnya laku disewa oleh John Mitchell & George Sands, yang sering dikira pasangan gay.

Mitchell (Aidan Turner) dan George (Russel Tovey) sama-sama bekerja sebagai porter sebuah rumah sakit. Keduanya memiliki sebuah rahasia: Mitchell yang karismatik adalah seorang vampir, sementara George yang penyendiri adalah seorang werewolf. Berdua mereka menyewa apartemen yang ternyata dihantui oleh Annie Sawyer (Lenora Crichlow), dan karena baik Mitchell maupun George adalah sama-sama mahluk supernatural, mereka berdua bisa melihat Annie ibarat melihat manusia biasa.

Annie menjadi hantu setelah tewas didorong hingga terjatuh dari tangga oleh Owen (Gregg Chillin), yang juga merupakan penjaga apartemen. Dalam serial ini, manusia yang setelah mati tapi masih punya urusan yang belum terselesaikan berpotensi menjadi hantu, sampai urusan tersebut terselesaikan. Urusan dengan Owen yang membunuhnya ini membuat Annie menjadi hantu.

Begitulah akhirnya Mitchell, George dan Annie tinggal dalam satu apartemen, dengan Mitchell dan George berusaha berpura-pura menjadi manusia biasa, dan Annie yang tidak bisa terlihat oleh manusia biasa. Di antara mereka bertiga, Mitchell yang paling tua dan paling berpengalaman; umurnya sudah mencapai 116 tahun dan pernah mengalami Perang Dunia Pertama sebagai prajurit yang bertempur. Di Perang Dunia Pertama ini juga dia digigit dan dijadikan vampir oleh William Herrick (Jason Watkins).
Adanya adegan-adegan penuh darah dan juga adegan seks, membuat serial TV ini lebih cocok untuk pemirsa dewasa. Being Human adalah usaha tiga sahabat yang sekaligus mahluk supernatural hidup di tengah manusia biasa


Kesamaan antara George dan Annie adalah mereka sama-sama masih muda, dan belum berpengalaman dalam hal supernatural ini. Berbeda dengan Mitchell yang bisa menerima kondisi dirinya sebagai vampir, George selalu menolak kenyataan bahwa dirinya telah menjadi serigala jadi-jadian. Proses perubahan menjadi serigala jadi-jadian ini hanya terjadi sebulan sekali, saat tengah malam bulan purnama saja, jadi sekali dalam sebulan George harus mencari tempat yang aman dan jauh dari manusia untuk melewati transformasi ini. Walaupun Mitchell sebagai vampir punya kekuatan yang luar biasa, George saat berubah menjadi werewolf bisa dengan mudah mengalahkannya, dan hanya Annie sebagai hantu yang tidak akan bisa terlukai saat George bertransformasi ini.

Annie sendiri sebagai hantu punya jiwa yang labil dan kurang percaya diri. Hanya saat bersama Mitchell dan George dia merasa nyaman menjadi dirinya sendiri. Saat akhirnya Annie mengetahui bahwa dirinya ternyata tewas dibunuh, kelabilannya ini membuat dia berubah dari hantu biasa menjadi poltergeist, hantu yang mampu menggerakkan benda-benda secara telekinesis.

Mitchell sebagai yang paling senior pun tidak luput dari masalah. Dia didera rasa bersalah yang mendalam telah membuat orang lain menjadi vampir juga, dan berusaha sekuat tenaga untuk tidak meminum darah lagi, walaupun itu mengakibatkan dia justru semakin haus darah. Efek samping lain saat berpuasa tidak meminum darah adalah kenangan saat orang-orang yang tewas diminum darahnya ataupun yang dijadikan vampir (dalam serial ini, agar bisa menjadi vampir, orang yang telah sekarat setelah diminum darahnya harus diberikan minum darah vampir) menjadi sangat jelas; ini tentu saja makin memperberat rasa bersalah Mitchell.

Saat ini Being Human sedang dalam proses pembuatan season ketiga. Walaupun serial ini disebut sebagai dramedi, yang berarti unsur dramanya seimbang dengan unsur komedinya, namun humor yang ada adalah khas Inggris, jadi mungkin bagi yang terbiasa melihat serial TV buatan Amerika akan sulit melihat dan menikmati unsur komedinya. Adanya adegan-adegan penuh darah dan juga adegan seks, membuat serial TV ini lebih cocok untuk pemirsa dewasa. Being Human adalah usaha tiga sahabat yang sekaligus mahluk supernatural hidup di tengah manusia biasa. Seperti kebanyakan serial Inggris lainnya (The Office, Life on Mars), Being Human ini ternyata juga sedang dibuat versi Amerikanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar